Rekomendasi Makanan Sehat untuk Melawan Virus

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Melawan Virus

Sejak pandemi Covid-19 melanda berbagai negara di dunia, WHO sudah mulai mensosialisasikan berbagai hal terkait pencegahan. Salah satunya adalah pentingnya konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Masyarakat juga dihimbau untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu makanan sehat seperti apa yang direkomendasikan untuk melawan virus saat pandemi?

Jenis Makanan Sehat dan Bergizi yang Disarankan

Makanan sehat adalah jenis makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga tubuh agar terbebas dari berbagai penyakit. Di masa pandemi ini, concern utama masyarakat adalah bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap fit. Saat tubuh dalam kondisi prima, maka secara otomatis sistem imun atau daya tahan tubuh bagus.

Karena itulah sebisa mungkin kita harus mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi yang baik untuk melawan virus. Yuk simak daftar makanannya berikut ini:

  1. Sayuran Hijau

Beberapa jenis sayuran hijau yang direkomendasikan untuk melawan virus adalah brokoli, bayam dan kubis.

  • Brokoli

Sayuran ini mengandung berbagai jenis mineral, vitamin dan serat yang baik untuk sistem imun. Setidaknya ada 3 jenis vitamin yaitu A, E dan C yang terdapat pada brokoli. Sayuran hijau ini juga dikenal dengan kandungan antioksidannya.

  • Bayam

Si hijau yang satu ini juga menjadi sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama pandemi. Sayur ini mengandung betakaroten yang bisa berubah menjadi vitamin A saat masuk ke dalam tubuh. Vitamin A sendiri memiliki pengaruh positif bagi sistem imun. Kandungan antioksidan dalam bayam juga berfungsi untuk melawan bakteri dan virus.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi sayur kubis atau kol yang dikenal kaya antioksidan lho. Nah, untuk penyajiannya sendiri Anda bisa memilih beberapa opsi. Pertama, bayam atau brokoli bisa dijadikan smoothies agar kandungannya terserap dengan optimal.

Kedua, Anda bisa menumis keduanya dengan bawang putih dan bumbu lain. Tapi perlu diingat, bayam dan brokoli tidak baik jika dimasak atau terkena panas terlalu lama. Jadi pastikan proses memasaknya cepat sehingga tekstur dan kandungannya tidak berubah.

  1. Buah-Buahan Kaya Vitamin C

Suplemen vitamin C menjadi produk yang laris di pasaran karena bisa difungsikan untuk menjaga daya tahan tubuh. Daripada membeli suplemen, Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk membeli buah-buahan kaya vitamin C.

  • Buah citrus sendiri terdiri dari beberapa pilihan seperti jeruk, tangerine, lemon, anggur dan jeruk nipis. Buah-buahan ini bisa membantu meningkatkan sel darah putih dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh tetap terjaga.
  • Buah stroberi juga dikenal kaya vitamin C dan antioksidan yang baik untuk memperkuat sistem imun. Stroberi juga bisa membantu penyerapan zat beso untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C, B, kalium dan folat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. kandungan enzim papain dalam pepaya juga bisa membantu mengatasi inflamasi.
  • Buah kiwi memiliki cukup banyak nutrisi penting seperti kalium, folat, vitamin C dan vitamin K. Kandungan-kandungan ini bisa membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk buah-buahan di atas, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun dibuat smoothies. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi mereka tanpa tambahan pemanis buatan.

  1. Yogurt Rendah Lemak

Produk yang satu ini dikenal sebagai sumber vitamin D dan probiotik. Kandungan probiotiknya mampu memperkuat usus dan melawan virus serta bakteri. Menurut beberapa penelitian, yogurt juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi yogurt secara langsung ataupun mengkombinasikan dengan bahan lainnya.

  1. Seafood

Beberapa jenis makanan laut seperti ikan salmon, kepiting, remis, lobster, hingga kerang memiliki kandungan seng yang cukup tinggi. Zat ini berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Bahkan, ikan salmon mengandung asam omega-3 yang memiliki peran aktif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Omega-3 juga bisa membantu menangkal virus dan bakteri.

Selama pandemi seperti ini, seafood tidak disarankan untuk dimakan mentah. Sebaiknya, Anda memasak dengan tambahan berbagai rempah dan bahan lain yang menunjang kesehatan.

Ayo sajikan menu makanan sehat agar Anda dan keluarga terhindari dari penularan virus!

Leave a Comment

Your email address will not be published.